Rabu, 04 Januari 2012

Kebaya Modern 2012, Tips Memilih Kebaya Yang Tepat




Kebaya berawal dari busana adat Jawa, pada perkembangannya kebaya berkembang baik model/ bahan/ filosofi menjadi adi busana yang meroket kepopulerannya ke seluruh penjuru dunia. Sebagai pakaian nasional, kebaya semakin banyak fungsi kegunaanya dalam berbagai segi kehidupan mulai dari acara resmi seperti kebaya pengantin untuk perkawinan, kebaya wisuda, pelantikan/ pengukuhan pejabat, upacara kraton/ organisasi, peringatan hari Kartini/ Nasional, hingga event non formal yaitu ulang tahun, Hari Raya Keagamaan, seragam pegawai hotel, acara khitanan dll

Salah satu acara resmi yang sering bahkan selalu menggunakan model kebaya modern sebagai gaun utama adalah acara pernikahan. Dan ini terjadi bukan hanya pada pengantin tradisional saja, namun juga pengantin modern.

Model kebaya modern khusus untuk pengantin modelnya cukup banyak dan beragam. Kita bisa lebih leluasa memilih jenis kebaya tersebut baik untuk resepsi, upacara ijab atau akad nikah, lamaran dan sebagainya.

Berikut ini adalah tips yang bisa dijadikan acuan untuk memilih model kebaya modern agar bisa sesuai dengan keinginan.

1. Tentukan lebih dulu jenis model kebaya modern pengantin yang ingin dikenakan. Untuk warnanya, sesuaikan dengan warna dekorasi pelaminan. Demikian pula dengan konsep desainnya. Hal ini sebaiknya dipersiapkan beberapa minggu sebelum acara resepsi atau pesta pernikahan diadakan.

2. Ukuran sebaiknya jangan terlalu longgar, namun juga jangan terlalu ketat. Bila terlalu longgar, maka model kebaya modern yang dikenakan kurang terlihat bagus. Karena ciri utama dari kebaya adalah menonjolkan bentuk tubuh agar terlihat anggun. Namun bila terlalu ketat maka tubuh akan terasa tidak nyaman karena sulit utk bergerak.

3. Pengantin perempuan yang punya dada ukuran kecil, sebaiknya memilih model kebaya modern yg punya hiasan payet di bagian depan. Tujuannya untuk memunculkan kesan berisi pada bagian dada tersebut. Sedangkan pengantin yang berdada besar, tentu saja harus memilih kebaya yang polos namun warnanya tetap menarik dan elegan. Bila tetap menginginkan adanya hiasan, sebaiknya dalam bentuk bordir yg warnanya juga sama dengan warna kain.

4. Kemudian untuk yg punya bentuk badan kecil atau kurus, maka model kebaya modernyg cocok adalah yang punya kerah model shanghai. Ini akan mampu menyamarkan kesan kurus dan membuat badan terlihat lebih padat dan berisi.

5. Untuk akad nikah sebaiknya kebaya akad nikah yang dikenakan menggunakan warna yg lembut dan tidak mencolok. Ini akan menimbulkan aroma sakral dan khidmat. Sedangkan untuk resepsi bisa menggunakan bahan dan warna yang lebih meriah, seperti kain brokat yang diberi hiasan mutiara atau aksesoris lain agar bisa memancarkan aura kebahagiaan.


Untuk membantu Anda dalam menentukan model kebaya yang cocok dengan keperluan acara Anda, GrosirKebaya.Net hadir untuk menjadi penghubung permintaan kebaya dari pedagang seluruh Indonesia dengan pusat kerajinan Kebaya di sentra produksi kebaya Jawa Tengah. Puluhan pengrajin Kebaya adalah mitra GrosirKebaya.Net siap mensupply segala kebutuhan aneka model Kebaya dengan kapasitas produksi hingga ribuan kebaya per minggu.

Ruko My Kebaya
Jl. Pattimura No. 161 C
Solo,
Jawa Tengah, Indonesia

Telp. 0271-2182020
SMS. 0857 2547 7070

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar